Minggu, 17 Oktober 2010

Apa yang Dimaksud dengan Alergi Obat?

Alergi obat yang terjadi bila anda memiliki gangguan reaksi terhadap obat-obatan yang anda gunakan. Anda sistem kekebalan tubuh fights off kembali dengan menetapkan suatu reaksi alergi. Alergi obat yang paling ringan, dan gejala-gejala hilang dalam beberapa hari setelah anda berhenti menggunakan obat. Tetapi ada alergi obat bisa sangat serius.


Beberapa alergi obat hilang dengan sendirinya beberapa waktu. Tetapi setelah anda memiliki reaksi alergi terhadap obat-obatan, anda mungkin akan selalu menjadi alergi obat. Anda juga bisa alergi obat-obatan lainnya yang seperti itu.
Alergi obat merupakan salah satu jenis berbahaya, atau Adverse, reaksi narkoba. Gejala dan perawatan dari berbagai jenis Adverse reaksi berbeda. Jadi dokter akan mengetahui apakah Anda memiliki alergi obat.

Gejalanya apa saja?
Gejala-gejala alergi obat bisa mulai dari ringan ke sangat serius adalah:

¦ hives atau welts, ruam, blisters, atau masalah kulit disebut eksim. Ini adalah yang paling umum gejala alergi obat. Lihat gambar kulit yang disebabkan oleh reaksi alergi obat.
¦ Batuk, wheezing, Hidung, dan kesulitan bernapas.
¦ demam.
¦ serius kondisi kulit yang membuat kulit melepuh dan mengelupas. Masalah ini disebut racun berhubung dgn kulit necrolysis, dan dapat membawa maut jika tidak dirawat.
¦ Anaphylaxis, yang merupakan reaksi paling berbahaya. Dapat membawa maut, dan Anda akan memerlukan perawatan darurat. Gejala, seperti hives dan kesulitan bernapas, biasanya muncul dalam waktu 1 jam setelah minum obat, reaksi cepat tanpa perawatan, Anda dapat masuk ke shock.

Apa obat-obatan sering menyebabkan reaksi alergi?
Obat apapun dapat menyebabkan reaksi alergi. Beberapa yang umum adalah:

¦ Penicillins (seperti nafcillin, ampicillin atau amoxicillin). Jenis obat-obatan yang paling menyebabkan alergi obat.
¦ Sulfa obat-obatan.
¦ barbiturates.
¦ Insulin.
¦ Vaksin.
¦ Anticonvulsants.
¦ Obat untuk Hyperthyroidism.
Jika Anda alergi salah satu obat-obatan, Anda mungkin alergi lain seperti itu. Misalnya, jika Anda alergi penisilin, Anda mungkin juga alergi sama obat-obatan seperti cephalosporins (cephalexin atau cefuroxime, misalnya).

AIDS atau orang dengan lupus mungkin alergi banyak jenis obat-obatan. Reaksi yang biasanya tidak berbahaya, tetapi mereka dapat membuat sulit untuk mengobati penyakit.

Sebagian orang-terutama mereka yang memiliki reaksi asma seperti aspirin dan ibuprofen. Ini tampaknya seperti reaksi alergi, namun mereka tidak, karena mereka tidak akan mempengaruhi sistem kekebalan. Tetapi ini dapat reaksi parah pada orang-orang yang memiliki asma.

Bagaimana alergi obat didiagnosis?
Dokter akan menanyakan mengenai riwayat obat-obatan di masa lalu. Dokter juga akan menanyakan tentang masa lalu kesehatan Anda.
Ia akan melakukan pemeriksaan fisik.
Jika tidak memberitahu dokter apakah anda memiliki alergi obat, maka ia dapat melakukannya tes kulit apakah Anda memiliki reaksi alergi.
Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu tes darah atau lainnya jenis pengujian.

Pengobatannya?

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk alergi obat adalah untuk berhenti meminum obat yang menyebabkan alergi. Pastikan untuk memakai sebuah gelang tanda medis atau perhiasan lainnya yang berisi obat alergi. Jika Anda berada dalam keadaan darurat, hal ini dapat menyelamatkan hidup anda. Anda juga harus tahu apa yang harus dilakukan jika anda memiliki reaksi alergi.

¦ Bicara dengan dokter untuk melihat apakah Anda dapat menggunakan jenis obat lain.
¦ Jika Anda memiliki reaksi alergi yang mengancam hidup Anda, Anda mungkin harus diberikan epinephrine mencari perawatan medis darurat. Call 118 segera jika Anda mengalami kesulitan bernapas atau jika Anda mulai mendapatkan hives. Anda mungkin juga perlu mengambil obat-obatan lainnya, seperti antihistamines steroid dan obat-obatan. Seorang dokter mungkin meletakkan obat-obatan ini secara langsung ke dalam pembuluh darah (IV).
¦ Jika Anda memiliki reaksi alergi ringan, over-the-counter antihistamines gejala dapat membantu Anda. Anda mungkin perlu resep obat jika ini tidak membantu atau jika Anda memiliki masalah dengan efek samping, seperti kantuk.
Jika Anda tidak dapat mengubah obat, dokter Anda dapat mencoba metode yang disebut desensitization. Ini berarti bahwa Anda akan mulai mengambil jumlah kecil obat yang menyebabkan reaksi Anda. Anda akan perlahan-lahan meningkatkan jumlah Anda lakukan. Hal ini memungkinkan Anda sistem kekebalan "digunakan untuk mendapatkan" obat. Setelah ini, Anda mungkin tidak lagi memiliki reaksi alergi.


Pertanyaan yang Sering Diajukan
Belajar tentang obat alergi:
Apa yang dimaksud dengan obat alergi?
Gejalanya apa saja?
Apa yang dimaksud dengan alergi penisilin?
Apakah saya memiliki alergi obat atau reaksi Adverse?

Yang didiagnosis:
Bagaimana alergi obat didiagnosis?

Cara pengobatan:
Bagaimana alergi obat dirawat?
Bagaimana cara memberikan sebuah epinephrine shot myself?
Bagaimana cara memberikan anak saya yang epinephrine shot?

Hidup dengan obat alergi:
Apa yang bisa saya lakukan di rumah?

Sumber :
http://ezcobar.com/dokter-online/dokter15/index.php?option=com_content&view=article&id=575:apa-yang-dimaksud-dengan-alergi-obat-&catid=35:pengetahuan-umum&Itemid=53
30 Agustus 2009

1 komentar:

  1. Apakah Biospray untuk Alergi bisa mengurangi gatal pada alergi ? Karena teman saya pernah mencoba Biospray untuk Alergi itu dan dia tidak perlu kerumah sakit untuk mengobati itu. Bagaimana menurut sahabat?

    BalasHapus