Minggu, 17 Oktober 2010

Test Alergi

Apakah Alergi Itu?
Alergi adalah terjadinya perubahan ataupun penyimpangan reaksi tubuh terhadap bahan/substansi yang disebut dengan alergen. Alergen banyak terdapat di sekitar kita, namun sebenarnya alergen tersebut tidak berbahaya bagi orang normal.

Bagaimana cara alergen masuk ke dalam tubuh kita?
Alergen masuk ke dalam tubuh dengan berbagai cara, yaitu dapat melalui saluran nafas (hirupan), saluran cerna (dimakan), kontak langsung dengan kulit atau selaput lendir mata, melalui gigitan/sengatan serangga, dan melalui suntikan.

Bahan apa saja yang dapat menyebabkan alergi?
Debu
Tungau
Kecoa
Bulu/serpihan kulit binatang
Serbuk sari tumbuhan
Jamur
Makanan
Obat-obatan
Kosmetik
dll

Apakah alergi merupakan penyakit keturunan?
Bukan. Siapa saja dapat menderita alergi, tetapi apabila ada satu atau kedua orang tuanya menderita alergi, kemungkinan seseorang untuk menderita alergi akan lebih besar.

Dimana saja reaksi alergi dapat timbul?
Tergantung pada lokasi tubuh atau tempat reaksi terjadi, seperti hidung, mata, paru-paru, saluran cerna, kulit, sistem peredaran darah, dll. Alergi paling sering terjadi pada hidung (Rhinitis Alergika), paru-paru (Asma), kulit (Biduran, Eksim).

Apakah Rhinitis Alergika itu?
Rhinitis Alergika yaitu reaksi alergi yang terjadi pada hidung dan selaput lendir. Hal ini dapat terjadi apabila tubuh terpapar alergen melalui saluran nafas, dengan gejala: hidung tersumbat, bersin-bersin, meler, gatal pada hidung dan mata, serta mata berair.

Bagaimana cara memastikan seseorang menderita Rhinitis Alergi?
Reaksi alergi sangat kompleks dan kadang-kadang sulit untuk membedakan dengan penyakit lain yang mempunyai gejala mirip seperti polip, infeksi virus, bakteri, reaksi hidung yang disebabkan terjadinya perubahan cuaca (suhu) dan polusi udara. Untuk mengetahui lebih pasti penyebabnya, maka perlu dilakukan pemeriksaan test kulit (Prick Test)

Apakah penyakit alergi dapat diobati?
Gejala alergi dapat dikurangi ataupun dikendalikan dengan menghindari penyebabnya atau dengan pemberian obat-obatan.
JANGAN ABAIKAN ALERGI

TEST ALERGI
Harga: Rp. 350.000
Termasuk 1 (satu) buku hasil Test Alergi


Sumber :
http://www.rsharapanbunda.com/test-alergi/

Test Alergi - RS Harapan Bunda Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar